Ublik sebagai alat penerangan dari botol bekas dan berbahan bakar minyak goreng bekas (minyak jelantah)


      Ublik merupakan alat penerangan khas desa yang sebagian besar dapat ditemui di wilayah Jawa, Indonesia. Hingga saat ini ublik masih sering digunakan meski sudah ada listrik, terutama apabila listrik padam. Ublik dapat terbuat dari kaleng atau botol bekas yang umumnya berisi bahan bakar minyak tanah dan diberi sumbu.
      Kita tahu di tahun belakangan ini, minyak tanah masih langka dan harganya relatif cukup mahal. Alternatif bahan bakar selain minyak tanah yang dapat kita pakai sebagai sumber daya energi untuk membantu penerangan yaitu minyak jelantah (minyak goreng bekas). Sedangkan sumbu yang digunakan sebagai penghantar minyak dapat diganti dengan kain perca yang tidak dipakai, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli sumbu.

Berikut  ini  cara perakitan ublik  sederhana :
1.    Siapkan bahan dan alat pendukung untuk membuat ublik yakni: botol  kaca bekas dan tutupnya yang terbuat dari  logam (seperti  gambar 2), kain perca, minyak  jelantah, paku dan palu, gunting.
2. Membuat sumbu dari kain perca, yaitu: kain perca diplintir-plintir sedemikian rupa hingga membentuk seperti sumbu dengan panjang sesuai dengan kebutuhan (gunting  ± 1cm melebihi tinggi botol).
3.      Penutup botol kaca yang terbuat dari logam dilubagi dengan bantuan paku dan palu, dengan diameter kurang lebih seperti  ketebalan sumbu.
4.      Masukkan sumbu kedalam lubang penutup botol
5.      Masukkan  minyak  jelantah kedalam botol  kaca secukupnya ( ½ atau ¾ botol), dan juga tetesi sedikit  unjung sumbu pada tutup botol dengan minyak jelantah.
6.      Pasang tutup botol beserta sumbu pada mulut botol (seperti gambar 2), maka ublik sudah siap untuk digunakan.
     Jadi, teman-teman jangan bingung lagi  untuk cari lilin atau senter  jika lampu mati.  Ublik sederhana ini dapat kalian buat sendiri dari bahan bekas yakni botol dan minyak goreng bekas yang ada dirumah kalian.  Jika teman-teman ingin tampilan ublik yang lebih menarik lagi, botol kaca dapat pula diberi stiker, lukisan atau menambahkan asesoris lain yang menarik sesuai selera. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Berkreasi dirumah

Telugu