Album foto dari kardus bekas


Album foto merupakan tempat dokumentasi atau memori berupa foto peristiwa atau kenangan indah yang hadir dalam hidup kita. Lebih menarik lagi apabila kenangan yang selalu membekas kita simpan dalam album foto dengan bekas-bekas tangan kita sendiri yang membuatnya. Album foto dapat kita buat dengan memanfaatkan bahan baku dari kardus bekas. 

Langkah pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat album foto. Antara lain: kardus bekas, plastik mika transparan, lem kertas, gunting, penggaris, pensil, bunga kering, biji-bijian kering, dan daun kering (seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1).
Gambar 1. Tampak Luar
Langkah kedua, membuat sampul album dari kertas kardus dengan ukuran 16 x 13 cm (atau sesuai selera dan kebutuhan) sebanyak 2 lembar untuk sisi luar dan belakang. Setelah kertas kardus dengan ukuran 16 x 13 cm, ambil 1 lembar kertas kardus untuk sisi luar (kardus ini memiliki 3 lapisan). Bukalah lapisan kertas kardus pertama hingga yang terlihat lapisan kedua kardus dengan pola bergelombang-gelombang (lihat pada Gambar 1. bagian kardus bekas). Pada tahapan ini anda harus ekstra hati-hati karena kerapian menggunting dan melepas lapisan kertas kardus itu cukup berperan terhadap hasil.

Langkah ketiga, membuat lubang seukuran foto postcard pada sampul depan tanpa melukai lapisan dibawahnya. Kemudian masukkan dan lengketkan dengan lem suatu foto atu gambar seukuran postcard yang menarik pada lubang tersebut. Guntinglah plastik mika transparan dengan ukuran lebih besar sedikit dari foto, kurang lebih 0,2 cm ditiap sisi. Selanjutnya, masukkan plastik mika transparan tersebut sedemikian hingga dan serapi mungkin (seperti pada Gambar 1 bagian plastik mika transparan). Setelas selesai, lanjutkan dengan menghias sampul album dengan biji-bijian, daun, dan bunga kering seperti pada Gambar 1.
Gambar 2. Tampak Samping-Dalam
 
Langkah keempat, membuat tali penutup album dari kertas kardus sisa langkah pertama dengan cara memlintir/memilin kertas kardus tersebut dengan panjang sesuai ketebalan album hingga sampai biji pengait (seperti tampak pada Gambar 2 bagian tali penutup). Selanjutnya, rekatkan tali penutup pada bagian sampul belakang album.

Langkah lima, membuat lembar-lembaran bagian dalam album. Untuk ukuran kertas sama seperti sampul album yakni 16 x 13 cm. Akan tetapi, ketebalan kertasnya berbeda. Anda bisa menggunakan kertas kardus bekas wadah kue atau kertas karton dengan ketebalan sekitar 0,1cm. Setiap lembaran diberi lubang garis pada 4 ujung sisi lembaran sekitar 2 cm (seperti tampak pada Gambar 2 bagian lubang garis). Lubang garis ini berfungsi untuk meletakkan foto.  Dibagian bawah tempat foto, diberi spasi untuk tempat catatan yang dapat anda gunakan sebagai tempat keterangan tentang foto ataupun tanggal foto (seperti tampak pada Gambar 2 bagian tempat catatan).

Langkah keenam, menyusun lembaran mulai dari sampul depan dan lembaran bagian dalam hingga sampul belakang. Tiap lembaran direkatkan dengan lem di sisi tepi sebelah kiri dengan jarak sekitar 1 cm dari tepi. Kemudian rekatkan bagian luar album susunan lembaran-lembaran tersebut dengan kertas perekat (lihat Gambar 2 bagian perekat) yang terbuat dari sisa kertas kardus pada langkah pertama sebelumnya dengan ukuran panjang 13 cm dan lebar sesuai ketebalan album yang ingin dibuat. Yang jelas, untuk sisa lebar kertas perekat sekitar 1,5 cm tampak dari tepi album.

Demikian langkah-langkah untuk membuat album foto dari kardus bekas.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.