Tas dari kardus bekas


Setelah bongkar-bongkar barang-barang yang sudah lama terabaikan, ternyata ketemulah sebuah tas koleksi hasil kreasi 12 tahun yang lalu yang masih dalam kondisi baik yaitu tas dari kardus bekas. Kawan-kawan dapat lihat tas tersebut pada Gambar 1 dibawah ini.
Gambar 1. Tas dari kardus bekas
Kawan-kawan juga dapat membuat sendiri dirumah tas seperti pada gambar dengan bahan yang sederhana dan cara yang mudah. Hanya yang paling penting adalah kreativitas, ketelatenan, dan pantang menyerah. Kalian pasti bisa.

Langkah pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tas dari kardus bekas antara lain: kadus, tali sepatu, cincin/ ring lubang sepatu, benang jahit sepatu, jarum untuk jahit sepatu atau kasur, kertas kado, kertas putih polos, lem, plastik trasparan, selang plastik diameter ± 0,5 cm, kre’te’kan (pengait berbahan kain semiplastik), benang jahit dan jarum ukuran kecil, gunting.

Langkah kedua,  mengukur kardus dengan ukuran 35x22 cm (untuk bagian depan dan belakang),  22x10 cm (untuk bagian atas dan bawah), 22x7 cm (bagian penutup) dan kemudian mengguntingnya sesuai ukuran tersebut. Untuk bagian penutup 2 sudut tepinya dapat digunting dengan pola lengkungan (seperti tampak pada Gambar 2).
Gambar 2. Ukuran

Langkah ketiga, melakukan langkah yang sama seperti langkah kedua paga bahan keras kado, kertas putih polos, dan plastik transparan. Fungsi kertas kado dan plastik transparan yaitu untuk melapisi bagian luar kardus, sedangkan kertas putih polos untuk melapisi bagian dalam. Hal ini dilakukan untuk mempercantik penampilan tas.

Langkah keempat, melekatkan kertas kado dan kertas putih polong pada kardus. Untuk lebih jelas lagi susunannya kalian dapat lihat pada Gambar 1. Kemudian letakkan plastik transparan sesuai ukurannya pada sisi luar dan dalam lembaran kardus yang sudah ditempeli dengan kertas kado dan kertas putih polos. Selanjutnya, jahitlah tiap sisi tepi lembaran-lembaran kardus tersebut dengan benang jahit sepatu dengan jarak tiap lubang jahitan ± 1 cm dengan 3 kali pengisian jahitan pada tiap lubang. Model  jahitannya dapat anda lihat pada Gambar 3.

Gambar 3. Model jahitan tas

Langkah kelima, gabungkan menjadi sebuah kotak tas tiap lembaran lembaran sesuai dengan pola dan ukuran dengan cara menjahit jelujur tiap tepi lembaran tersebut pada sela-sela benang jahitan tepinya. Hasilnya seperti tampak pada Gambar 4.

Gambar 4. Menyatukan Tiap Lembaran

Langkah keenam, memasang tali tas yang terbuat dari bahan selang plastik (panjangnya 50 cm) dan tali sepatu dengan panjang 60 cm yang dimasukkan kedalam selang plastik (seperti tampak pada Gambar 4). Sebelumnya, buat dua lubang pada sisi bagian depan dan belakang tas dengan memasang cincin/ ring lubang sepatu. Lubang ini harus posisinya harus seimbang. Lubang ini berada pada posisi 10 cm  dibawah mulut tas dan jarak dari tepi kiri dan kanan masing-masing 5 cm.  Setelah tali sepatu dimasukkan kedalam lubang, kemudian diikat.

Langkah ketujuh, pasang kre’te’kan (pengait berbahan kain semiplastik) ukuran 3 x 2 cm dengan cara menjahitnya dengan benang atau dapat juga direkatkan dengan lem. Kemudian kalian juga bisa tambahkan asesoris tambahan pada bagian tutup bagian luar (seperti pada Gambar 1 tampak depan)

Selamat mencoba dan berkarya :)