3R (Reuse, Reduce dan Recycle)





Reduce adalah kegiatan mengurangi penggunaan barang atau bahan yang nantinya dapat menjadi limbah. Misalnya, mengggunakan produk-produk yang dapat diisi ulang, menggunakan bolpoin yang tintanya dapat diisi kembali. 
Reuse merupakan kegiatan penggunaan kembali barang-barang bekas pakai yang masih dapat digunakan, tentunya setelah barang tersebut dibersihkan kembali. Proses reuse ini biasanya tidak memerlukan pengolahan khusus. Contohnya, penggunaan kembali botol-botol minuman bekas setelah dibersihkan terlebih dahulu. Kantong plastik bekas bungkus juga dapat digunakan kembali untuk membungkus benda/ barang lain. 
Recycle merupakan kegiatan mendaur ulang barang-barang bekas pakai menjadi jenis barang yang sama atau barang baru sehingga dapat digunakan kembali. Proses recycle ini biasanya memerlukan pengolahan khusus. Misalnya, palstik bekas dapat diolah menjadi bijih plastik yang nantinya dapat dipakai untuk membuat produk plastik yang baru seperti ember, tong sampah dan alat-alat rumah tangga, kertas juga dapat didaur ulang menjadi kertas daur ulang atau kertas hias.

Berkreasi dirumah

Telugu