Daur Ulang Sampah

        Proses daur ulang sampah atau limbah adalah kunci keselamatan bumi yang merupakan tanggung jawab manusia di lingkungannya. Sampah merupakan salah satu masalah bagi lingkungan. Perlu waktu yang cukup lama untuk menghancurkan sampah, seperti jenis sampah kertas dibutuhkan waktu 2-5 bulan untuk hancur, filter rokok dibutuhkan 10-12 tahun, kantong plastik dibutuhkan 10-20 tahun, pakaian berbahan nylon dibutuhkan 30-40 tahun dan styrofoam tidak dapat hancur.
     Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolahan sampah padat yang terdiri atas kegitan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/ material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce and Recycle). Material sampah yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil dan barang elektronik bekas.
    Kegiatan daur ulang selain dapat mengatasi masalah sampah, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Produk daur ulang dapat dijual sehingga dapat mendatangkan keuntungan.


Berkreasi dirumah

Telugu