Peduli Lingkungan Hidup

     Para sahabat kita hidup tidak lepas dari lingkungan. Lingkungan dimana kita hidup perlu kita jaga, karena semuanya akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup kita juga. Salah satu  masalah lingkungan yang sering dihadapi adalah pencemaran lingkungan atau polusi, yaitu terjadinya pengotoran terhadap lingkungan yang mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan dan dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Pencemaran lingkungan menyangkut hal-hal berikut : (1) Keadaan lingkungan yang berubah dalam komposisi maupun kondisi, (2) adanya perubahan yang mengakibatkan organisme tidak dapat hidup secara wajar, (3) adanya perubahan secara langsung maupun tidak langsung, (4) perubahan yang terjadi dalam batas tertentu dan tidak dapat  diterima secara sosial.
       Berdasarkan sumber daya yang terkena bahan pencemar. Pencemaran dikelompokkan menjadi : pencemaran udara, pecemaran air dan pecemaran tanah. Kali ini kita akan membahas pencemaran tanah.  Seperti hanya udara dan air, tanah juga memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Tanah dapat juga digunakan sebagai tempat tinggal, tempat pertanian, sarana rekreasi. Dan yang lebih penting adalah hampir[semua makanan yang kita konsumsi berasal dari permukaa tanah. Namun, akibat aktifitas manusia modern sekarang ini, tanah juga tidak luput dari bahan pencemaran. Pencemaran tanah terutama disebabkan adanya limbah atau sampah rumah tangga, limbah industri, pertanian dan juga bahan-bahan buangan yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Akibat dari pencemaran tanah adalah terganggunya fungsi kerja tanah sehingga hasil yang dapat diperoleh dari tanah tidak maksimal. Selain itu, juga dapat mengurangi nilai keindahan lingkungan. Beberapa penyebab pencemaran tanah antara lain sisa pupuk buatan pada tanah pertanian, senyawa organoklor seperti pestisida dan herbisida, serta penggunaan bahan polimer yaitu plastik.
      Kepedulian kita terhadap lingkungan sangatlah penting dengan cara melaksanakan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah dilingkungan, khususnya dimulai dari diri kita dan disekitar kita. Adapun upaya tersebut antara lain:
1. Melakukan tindakan pada air pencemar, karena air yang tercemar mengakibatkan tanah menjadi tercemar.
2. Memisahkan sampah-sampah buangan dengan tujuan agar sampah organik dapat diolah menjadi kompos 
    dan sampah plastik dapat diolah kembali / didaur ulang agar lebih bermanfaat.
3. Pemakaian pupuk dan pembasmi hama yang tidak berlebihan
4. Usahakan agar pemakaian plastik yang tidak dapat dihancurkan oleh mikroorganisme tanah diganti 
    dengan bahan plastik yang mudah dihancurkan oleh mikroorganisme tanah.  

Berkreasi dirumah

Telugu