Folder File dari Kardus Bekas



Kardus bekas sangat disayangkan jika dibuang atau bahkan dibakar. Kadus bekas dapat kembali digunakan dengan cara mendaur ulang menjadi barang yang dapat bermanfaat. Salah satunya dengan menjadikan suatu kreasi kardus bekas menjadi tempat untuk dapat menata dan mengamankan kumpulan hardcopy file, kertas atau map dokumen yang kita miliki agar terlihat rapi. Folder file dapat kalian temukan beraneka ragam bentuk. Folder file yang umum terjual dipasaran biasanya terbuat dari bahan dasar kayu, besi atau plastik. Folder file yang akan kami sampaikan kali ini  terbuat dari kardus bekas. 



Langkah pertama, siapkan bahan dan alat yang akan digunakan. 
Adapun bahan-bahan yang digunakan antara lain:
1.      Kardus bekas pembungkus kue dengan ukuran 27 x 9 x 27 cm
2.      Kardus bekas pembungkus kue dengan ukuran 9 x 8 x15 cm
3.      Kertas kado bekas yang kondisinya masih layak digunakan 2 motif atau warna yang berbeda ( atau tergantung ketersediaan bahan)
4.      Lem kertas / lem serbaguna
5.      Plastik transparan bekas
6.      Benang sepatu
Alat-alat yang digunakan antara lain:
1.      Gunting
2.      Pisau Cutter
3.      Jarum kasur
4.      Penggaris
5.      Pensil

Langkah kedua, potong sisi sudut dari kotak kardus pembungkus kue yang berukuran besar (27 x 9 x 27 cm) seperti pada Gambar 3. Sedangkan untuk kotak yang kecil (ukuran 9 x 8 x15 cm) tetap seperti kondisi aslinya.

Langkah ketiga,  lapisi sisi luar kotak kadus dengan kertas kado bekas . Pelapisan ini berfungsi untuk menutupi bagian sisi luar kotak kardus yang tampak gambar dan tulisan pada pembungkus kue . Dalam proses pelapisan ini dibutuhkan lem untuk merekatkan kertas kado dengan kotak kardus. Usahakan pengelemannya merata agar hasil pelapisannya nampak rapi.

Langkah keempat, lapisi kotak kardus dari langkah ketiga diatas dengan plastik transparan. Ukuran plastik menyesuaikan ukuran kotak kardus. Tujuan pelapisan plastik ini agar lebih kokoh dan mudah dibersihkan.



Langkah kelima, menjahit sisi tepi kotak kardus dengan benang sepatu seperti pada gambar. Tujuan dari langkah kelima ini adalah untuk mempercantik tampilan folder dan agar lebih kokoh. Pada tahap ini juga dilakukan penggabungan antara folder kardus ukuran besar dengan kotak kadus ukuran kecil. Penggabungan kedua kotak ini terlebih dahulu dilakukan pengeliman dari salah satu permukaan sisi kotak kardus. Kemudian sisi tepi dijahit seperti langkah keempat.

Berikut ini tampilan hasil kreasi folder file dari kardus bekas yang telah selesai:
Selamat mencoba. Tetap Semangat berkreasi..!




Berkreasi dirumah

Telugu