Kreasi Bros dari Kain Perca

Potongan sisa kain atau yang sering disebut kain perca dapat kita manfaaatkan sebagai kreasi asesoris menarik, yakni slah satunya adalah bros dari kain perca. Biasanya pecinta bros adalah kaum wanita, tapi tidak menutup kemungkinan yang berkreasi adalah pria. Berikut ini kalian bisa simak bahasan cara pembuatan bros dari kain perca. Yuk..!
Langkah pertama, siapkan alat dan bahannya antara lain: Kain perca 2 motif, pita emas, benang emas, cemiti bros, lem serbaguna, gunting, benang, dan jarum.
Langkah kedua, bentuk kain perca dengan motif 1 menjadi bentuk lingkaran sebanyak 4 buah dengan diameter 5 cm. 
Langkah ketiga,  bentuk kain perca dengan tanpa motif/  polos  dengan cara melilit ujung kain perca sedemikian hingga membentuknya seperti bunga mawar.

Langkah keempat,  jahit tepi kain yang bepola lingkaran dengan tusuk jelujur. Jarak jahitan sekitar ½ cm. Jahitan jangan terlalu rapat, supaya mudah untuk menarik benangnya menjadi kersutan seperti gambar no. 5. Buatlah kain yang berpola lingkaran sebanyak 4 buah.

Langkah kelima, satukan kain perca yang berbentuk kersutan seperti gambar no.6, kemudian  rekatkan pada cemiti bos dengan bantuan lem. Cemiti bros ini juga berfungsi sebagai alas  bros. Kemuduian rekatkan kain perca yang sudah berbentuk bunga mawar pada posisi tengah bros seperti gambar no.7.

Langkah keenam, tambahkan hiasan lain dari bahan pita dan benang emas yang dibentuk seperti pada gambar no.9 dengan panjang 5 cm. Kemudian aplikasikan pita tersebut pada bros bagian bawah dengan pola melingkar seperti gambar 10 dan tambahkan manik-manik di sudut antara kain perca dengan pita emas. Untuk membuat pola pita seperti pada gambar 9 dan mengaplikasikan pita pada bros diperlukan bantuan lem untuk merekatkannya.
Berikut ini hasil bros dari kain perca yang sudah jadi. Cantik kan kawan..!. Kain perca jangan lagi disia-siakan. Jika bisa berubah menjadi bros yang menarik dan  siap untuk digunakan atau jika ada yang berminat untuk membelinya itu lebih bagus lagi .
Selamat berkarya dan Jadikanlah diri kita dan disekitar kita bermanfaat. Semangat...!

 

Berkreasi dirumah

Telugu