Kreasi Cangkang Telur (Eggshell) Sebagai Souvenir



Cangkang telur ayam kita peroleh setelah kita manfaatkan isinya. Cangkang telur memiliki tekstur keras karena mempunyai kandungan zat kapur, akan tetapi mudah retak atau remuk karena tipis. Kebanyakkan kita ketahui bahwa cangkang telur masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehabis diambil isi telurnya, ya biasanya dibuang di tong sampah. Sayang sekali. Akan tetapi, tidak dipungkiri dan juga harus kita beri apresiasi untuk beberapa orang kalangan yang sudah memanfaatkan cangkang telur menjadi suatu kreasi yang berdaya jual tinggi.

Kini kami mencoba membagi cara membuat kerasi cangkang telur sebagai hiasan atau souvenir  untuk kreator pemula. Berawal dari telur yang digunakan ibu-ibu membuat kue, cangkang yang sudah berlubang akan kita olah menjadi suatu karya. Mulai dari mencuci cangkang telur dengan sabun cuci piring dengan kandungan lemon, agar bau amis pada cangkang hilang. Seletah dibilas dengan air bersih, cangkang-cangkah telur dijemur hingga kering.  

 
Setelah kering baru kita dapat membuat sketsa diatas permuakaan cangkang telur dengan menggunakan pensil. Kita coba dengan membuat sketsa wajah anak ayam, seperti terlihat pada Gambar 2. Apabila sketsa sudah siap, maka kita  lanjutkan ke proses pengecatan (painting). Pada proses pengecatan ini kita menggunakan cat akrilik dengan warna kuning, hitam, putih serta pelarut air. Alasannya adalah supaya catnya cepat kering. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses ini, yakni: (1)  pengecatan dilakukan beberapa kali, jangan tergesa gesa. (2) usahakan proses penguasan sehalus mungkin. (3)jangan dipegang sebelum cat kering (tunggu hingga kering). (4) pola pengecatan usahakan mengikuti pola sketsa.




Pada bagian cangkang telur yang berlubang ditutup dengan kain flanel berbentung lingkaran dengan ukuran ± 3,5 cm berwana hitam dengan bantuan lem serbaguna. Mengapa kita gunakan kain flanel berwana hitam, karena menyesuaikan dengan warna cat cangkang telur yang kita terapkan. Apabila kawan-kawan mau mengaplikasikannya dengan warna lain, boleh-boleh saja sesuai selera dan etestika seni yang kawan-kawan miliki.


Proses selanjutnya adalah membuat kemasan untuk kreasi cangkang telur yang telah kita buat. Agar tidak mudah kotor dan memiliki tampilan dengan kesan lebih elegan. Plastik mika sebagai bahan dasar membuat kemasannya. Awalnya kita ukur dahulu ketinggian, lebar dan jarak antara cangkang satu dengan yang lain, supaya kita bisa menentukan ukuran plastik mika yang kita gunakan. Kemudian siapkan plastik mika sesuai ukuran yang kita butuhkan. Tempelkan double tipe dibagian sepanjang tepi plastik mika. Balik plastik mika yang telah di tempeli double tipe. Lem plastik mika di sepanjang tepi (bagian balik dari double tipe) dengan lem serbaguna dan tempelkan kain flanel berwarna hijau dengan ukuran panjang dan lebarnya menyesuaikan besarnya ukuran double tipe yang tadi kita tempelkan (tujuannya untuk menutupi area double tipe dan aplikasi tambahan) seperti pada Gambar 5. Kemudian gulung plastik mika dan rekatkan tepi ujung plastik mika yang tidak diberi double tipe ke ujung tepi plastik mika yang diberi double tipe, sehingga tampilannya sepeti pada Gambar 6 (atas). Siapkan spons dengan ukuran ketebalan 2 mm berwana hitam dengan pola lingkaran menyesuaikan tepi dari kemasan, kemudian rekatkan dengan lem sepert pada Gambar 6 (bawah).  


Kreasi cangkang telur ayam sebagai souvenir telah selesai. Kreasi ini dapat dibuat selain untuk souvenir yang berdaya jual. Dapat juga dapat kita gunakan sebagai pembelajaran untuk anak-anak kita akan peduli lingkungan dan menumbuhkan kreatitifitas anak. 





Selamat mencoba dan berkarya (^_^)v




Berkreasi dirumah

Telugu